Laman

Sabtu, 26 November 2016

Pembasmi Ketombe tanpa Obat Kimia

Rambut merupakan hal yang terpenting bagi kebanyakan orang(kecuali yang suka botak hehehehe). semua orang pasti menginginkan rambut yang rapi dan sangat ingin enak ditata. Akan tetapi ada satu masalah yang menurut saya cukup mengganggu setiap orang adalah ketombe. Oke tanpa basa basi lagi berikut tips tips dalam menyngkirkan ketombe dengan cara yang alami

Menggunakan Lidah Buaya
Image result for lidah buayaLidah buaya mempunya vitamin dan mineral yang mampu merawat rambut. Selain itu, lidah buaya mengandung aloe vera yang dapat digunakan sebagai kondisioner alami yang mempunyai efek pendingin.

Cara pemakaiannya dengan membelah lidah buaya menjadi dua. Lalu oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 40-60 menit. Lakukan secara rutin sampai rambut berketombe hilang. Atau, Anda juga dapat mencampurkan jus lidah buaya ke shampo.










Menggunakan Mengkudu 
Image result for mengkuduSelain untuk kesehatan tubuh, ternyata buah mengkudu juga bermanfaat untuk perawatan rambut. Sejak jaman dahulu, masyarakat sudah menggunakan mengkudu untuk menanggulangi rambut rontok, uban dan rambut berketombe.

Cara pemakaiannya dengan menyiapkan 2-3 buah mengkudu matang. Kemudian parut dan beri sedikit air dalam wadah, campur hingga rata. Oleskan ke kulit kepala sambil pijat lembut lalu biarkan selama 10-15 menit, lalu cuci bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu hingga gatal dan rambut berketombe hilang.




Menggunakan Cuka
Image result for cuka
Cuka yang biasanya digunakan untuk memasak ternyata dapat juga digunakan untuk merawat rambut. Terbukti bahwa cuka dapat menghilangkan residu di rambut dan membut rambut bersinar. Kandungan kalium dan enzim yang terdapat pada cuka dapat mengurangi rambut berketombe dan kepala yang gatal.

Cara pemakaiannya yaitu dengan mencampur cuka dengan sedikit air, kemudian oleskan ke kulit kepala sebelum tidur dan lilit dengan handuk. Keramaslah pada esok paginya.





Menggunakan Jeruk Nipis
Image result for jeruk nipis
Buah yang banyak ditemukan diberbagai daerah ini ternyata kaya akan manfaat, salah satunya untuk meghilangkan rambut berketombe. Jeruk nipis mempunya kandungan vitamin yang mampu menyuburkan rambut.

Caranya yaitu dengan menggunakannya setelah keramas. Oleskan perasan air jeruk nipis ke kulit kepala dan pijat dengan lembut, lalu biarkan selama 30 menit. Bilas sampai bersih. Air perasan jeruk nipis dapat mengurangi gatal akibat munculnya ketombe dan mengatasi rambut berketombe.




Image result for kunyitMenggunakan Kunyit

Kunyit dipercaya mempunyai banyak khasiat karena mempunyai bnyak kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Kunyit mempunyai kandungan kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin, serta mengandung minyak atsiri, karbohidrat, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor dan sebagainya. Beberapa kandungan dari kunyit tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi rambut berketombe secara alami di kulit kepala. 

Caranya yaitu siapkan kunyit kira-kira sebesar dua buah jari tangan, bersihkan kulitnya kemudian parut dan peras airnya. Oleskan ke kepala sembari dipijat-pijat, biarkan 15-30 menit kemudian cuci bersih dengan air dingin. Ulangi beberapa kali sampai rambut berketombe hilang.


Menggunakan Minyak Kelapa
Image result for minyak kelapa
Sejak jaman dulu, masyarakat sudah menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambut. Minyak kelapa dapat digunakan sebagai alternatif alami untuk mengatasi rambut berketombe dikulit kepala yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ke kepala sambil dipijat-pijat, lalu biarkan 15-30 menit. Kemudian keramas hingga bersih.



Menggunakan Daun Pandan
Image result for pandan
Selama ini, daun pandan hanya digunakan sebagai pengharum dan pewarna dmakanan saja. Namun, pandan juga dapat mengatasi rambut rontok, menghitamkan rambut dan mengatasi rambut berketombe secara alami. Caranya dengan menggiling daun pandan sampai halus, tambahkan air, kemudian peras dan saring. Siramkan air perasan daun pandan ke rambut, biarkan 30-60 menit sampai mengering, lalu bersihkan dengan air bersih.









Menggunakan Buah Nanas
Image result for nanas
Buah nanas yang umumnya hanya untuk dikonsumsi ternyata juga dapat mengatasi rambut berketombe secara alami. Caranya yaitu kupas kulit nanas yang sudah matang, kemudian parut. Gosokkan parutan nanas tersebut pada kulit kepala yang berketombe, diamkan selama semalam. Bilas rambut pada pagi hari. Lakukan secara rutin setiap malam sampai rambut berketombe hilang. Zat bromelain pada buah nanas berguna untuk membuang jaringan kulit tidak sehat termasuk ketombe.




Nah itulah bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi dan menghilangkan ketombe. Jaga selalu kesehatan rambutnya ya jangan sampai rambut kita rusak.
Semoga bermanfaat 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar